Selasa, 07 November 2017

Kendaraan Listrik Bakal Jadi Mobil Nasional Pertama Turki

Kendaraan Listrik Bakal Jadi Mobil Nasional Pertama Turki

Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Selasa, 07/11/2017 15:36 WIB
Kendaraan Listrik Bakal Jadi Mobil Nasional Pertama TurkiIlustrasi mobil listrik. (Ethan Miller/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selangkah lagi Turki bakal memiliki mobil nasional. Bukan hanya sekadar kendaraan biasa, langkah awal racikan anak bangsa negara itu berbasis tenaga listrik.

Lima perusahaan otomotif dan teknologi lokal, digandeng untuk membantu proyek atas inisiatif Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. 

Seperti mengutip Motor1, proyek inisiatif itu bernama Automobile of Turkey.


Purwarupa pertamanya baru saja dibentuk. Rencana mereka akan meluncurkan mengenalkan mobil tersebut pada 2019 dan versi produksinya pada 2021. Tidak hanya itu, Automobile of Turkey memiliki fokus dan membangun target membuat mobil listrik seperti Tesla.

Hingga kini belum ada rincian tentang mobil listrik tersebut. Namun pada 2015, pemerintah setempat telah membuat kesepakatan dengan National Electric Vehicle Sweden (NEVS) untuk menggunakan platform sedan Saab 9-3. 


Jenis Saab 9-3 adalah milik produsen otomotif asal Swedia, didasari oleh arsitektur dari General Motors Epsilon dan diluncurkan pertama kalinya pada 2003. Tetapi, desain lama kemungkinan tidak menjadi dasar dari mobil listri baru Turki. 

Sementara itu dalam laporannya, The Drive menyebut, tentu sulit untuk merancang dan membangun mobil dengan embel-embel nasional. Dukungan pemerintah akan menjadi dorongan pada Turki untuk menuntaskan proyek itu. 

Walaupun demikian, masih belum jelas jelas bagaimana mobil merek Turki akan diterima oleh warganya. Hal itu disebabkan konsumen mungkin lebih cenderung memilih brand yang lebih ternama seperti Renault, Hyundai, Honda, Toyota dan Fiat. (asa)


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Etika Profesi

1.  Pinjaman online adalah fasilitas pinjaman uang oleh penyedia jasa keuangan yang beroperasi secara online. Penyedia pinjaman online terse...